Tubuh Spiritual Fikom Unpad

Tak hanya dikenal dengan atmosfer akademis dan intelektualitasnya, Fikom Unpad juga dikenal dengan iklim keagamaannya. Peningkatan iklim keagamaan selalu berusaha ditingkatkan dan menjadi landasan Fikom Unpad dalam menyelaraskan antara kehidupan akademis sehingga tidak terjadi jurang pemisah sebagai hamba Tuhan. Tujuan Fikom sebagai sebuah lembaga pendidikan tidak hanya mengarah kepada masalah akademis tetapi juga tujuan dalam kesuksesan dan kebahagiaan bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat. Secara bersama-sama seluruh warga Fikom termasuk dosen, pegawai, mahasiswa dan seluruh staff lainnya meningkatkan jiwa keberagamaan melalui kegiatan-kegiatan keagaman yang dilakukan secara rutin pada awal bulan berupa tausyiah di fakultas. Selain tausyiah, dalam menjaga pribadi dalam sosok keagamaan yang kental acara-acara khusus seperti acara “Munggahan” (ziarah kubur) menjelang bulan Ramadhan dan Halal Bihalal Fikom Unpad dilakukan guna menghormati dan menghargai sesame dalam lingkup keagamaan dan sebagai keluarga besar Fikom.

Dalam hal lainnya, Fikom Unpad pun selalu berusaha memberikan dan tetap menanamkan pendidikan keagamaan melalui acara ceramah, adapula penceramahnya antara lain adalah Prof. Dr. KH Miftah Faridl, Dr. H. Aam Amiruddin, KH M. Athian Ali M. Da’I, MA, Drs. Mustafid Amna, MA, Drs. Muttaqin, Drs. KH Muthar Adam, Kang Ibing Kusumayatna, dsb.

Fikom Unpad juga memiliki Masjid “Al Wushul” yang selalu ramai dipenuhi oleh para jemaah yang hendak melakukan ibadah. Masjid Fikom selalu penuh sesak pada saat melaksanakan shalat Jum’at. Masjid Fikom juga seringkali penuh sesak dengan jamaah saat shalat dzuhur khususnya, bahkan sering diikuti dengan shalat berjamaah berikutnya. Kuliah tujuh menit (Kultum) dan pembacaan hadist dilakukan setiap hari seusai shalat dzuhur. Selain masjid, ada penambahan beberapa mushala terpisah dibeberapa gedung, khusus bagi dosen wanita, tenaga kependidikan wanita dan mahasiswi.

Implisit dalam pengembangan spiritualitas ini adalah penegakan integritas seluruh warga fakultas. Dewasanya sebagai umat Bergama Fikom Unpad pun berusaha menegakkan keagamaan dilingkungan sekitar dan berusaha meneggakkan kebenaran serta menjaga kejujuran dan mencegah kemungkaran di lingkungan Fikom. Dalam hal ini Fikom pun berharap dapat menjadi teladan yang baik bagi masyarakat lainnya dengan menunjukkan akhlak mulia sebagai contoh yang baik dan almamater yang terhormat. Peningkatan keagamaan di lingkungan Fikom ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan inovasi bukan saja secara keilmuan tetapi juga moral yang baik kepada lingkungannya. Segala bentuk kecurangan berusaha dihindari oleh tubuh Fikom. Kejujuran intelektual adalah nomor satu bagi Fikom dan hal tersebut berusaha dipelihara agar dapat menjadi identitas yang terhormat bagi tubuh Fikom. Pendeknya, spiritualitas harus menjadi bagian integral dalam kehidupan Fikom.

Dapat dipercayai, dimulai dengan shalat jumat berjamaah telah mampu membantu dalam hal ini. Setiap jajaran Fikom masing-masing telah memiliki kewajiban memelihara dan meningkatkan iklim spiritual di Fikom. Kata kuncinya adalah keteladanan dan konsistensi (istiqamah). Landasan dari manajemen dalam organisasi apapun adalah akhlak. Hal itulah yang terus diterapkan oleh  Fikom Unpad dalam menjaga kestabilisasian antara akademik dan akhlaknya.

Dewasa ini agama atau moralitas dan ilmu pengetahuan sosial berjalan sendiri-sendiri. Albert Einstein dan Max Planck, dua ilmuwan besar Fisika abad ke-20 mengakui pentingnya agama dalam pencarian ilmu. Menurut Einstein, kebenaran itu adalah hakikat tidak dan selamanya takkan pernah diketahui, yang kadang mewujud dalam bentuk materi dan kadang dalam bentuk energy. Max Planck menandai ilmuwan-ilmuwan besar dengan ketakjuban dan keyakinannya akan adanya pencipta alam semesta. Dan hal tersebutlah yang memberikan gambaran khususnya kepada Fikom Unpad sebagai pembuktian bahwa ternyata adalah benar moral agama yang baik sangat diperlukan sebagai dasar atau landasan utama dan itu menjadi pegangan teguh bagi Fikom Unpad.

Untuk meningkatkan semangat kerja, dalam dua tahun terakhir ini Fikom telah menata lingkungan fisik. Ruangan-ruangan, gedung-gedung, bahkan kamar-kamar kecil yang selama ini dikeluhkan orang karena mulai kusam kini bukan saja lebih bersih dan rapi, namun juga lebih nyaman termasuk Ruang Oemi Abdurrahman. Taman-taman telah diperbanyak dan diperhijau sehingga Susana kampus lebih asri dan lebih indah. Fikom juga telah membangun tempat parker yang baru sehingga menampung lebih banyak kendaraan bermotor, juga dapur umum untuk mempermudah system konsumsi bagi sivitas academia Fikom. Hal ini yang menjadikan yakin bahwa Fikom kini adalah satu dari beberapa fakultas yang lingkungannya paling indah di Unpad. Dale William, wartawan professional Amerika Serikat yang menjadi peneliti dan dosen Fikom Unpad dengan sponsor Fulbirght (2010-2011) mengatakan dengan spontan pada saat Halal Bihalal Fikom Unpad (23 September 2010), “Your Campus is beautiful”.

About fikomunpad

Proud to be Public Relations
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s