Fikom Berbicara Mimpi

Bicara tentang mimpi sama halnya bicara tentang proses pendewasaan yang dijalankan. Fikom pada ulang tahunnya yang ke-50 berusaha untuk menjadi jaya dengan meraih mimpi-mimpinya.

Fikom Unpad selalu berjuang keras untuk meningkakan pelayanan kepada mahasiswanya, baik itu pelayanan akademis dan administratif, maupun penyediaan fasilitas pembelajaran. Dalam konsep ini fikom akan berbicara mengenai mimpi-mimpinya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa yang notabenenya merupakan pemangku kepentingan Fikom yang utama.

Mimpi Fikom yang belum terwujud salah satunya adalah adanya gedung perpustakaan yang besar dan lengkap, dengan e-book dan e-journal melimpah yang bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen, gedung laboratorium yang terintegrasi (televisi, radio, komputer, foto, grafis, editing, informasi multimedia, bahasa, dsb) Juga suatu sistem informasi yang terintegrasikan dengan Unpad secara keseluruhan; suatu program studi bertaraf internasional dengan bahawa pengantar bahasa inggris, dan penerbitan jurnal berbahasa inggris terakreditasi (di luar penerbitan jurnal Ilmu Komunikasi berbahasa Indonesia yang selama ini diterbitkan Fikom.

Memang tidak mungkin kita memberikan tugas berat ini hanya kepada dekan saja, ini merupakan tugas kita bersama dalam menggapai mimpi Fikom ini.

Fikom bermimpi suatu saat kelak, sebagian besar dosen Fikom Unpad akan menjadi para doktor dan profesor yang disegani, yang punya wawasan keilmuan yang luas, yang menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas, yang menjadi narasumber dan berkiprah di masyarakat tanpa meninggalkan tugas utama mereka di fakultas.

Pada masa depan, kita ingin menjadikan Fikom sebagai Pusat Unggulan (Center of Excellence) yang menawarkan Program S1, S2, dan S3 di Indonesia dan memiliki kerjasama dan jaringan internasional dengan berbagai lembaga pendidikan, khususnya program studi komunikasi, di berbagai belahan dunia. Isi ini diharapkan sejalan dengan keinginan Unpad untuk menjadi World Class University.

Fikom ingin menciptakan atmosfer akademin yang berkualitas dan dinamis agi mahasiswa dan staf pengajarnya dengan selalu mengikuti perkembangan ilmu di dunia dan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, serta epistemologi (perspektif, teori, dan metode penelitian) yang menyertainya. Untuk itu pendidikan dosen harus ditingkatkan ke jenjang lebih tinggi, khususnya S3, di dalam dan di luar negeri.

Sebenarnya apa yang telah dilakukan Fikom selama 50 tahun ini jauh lebih banyak lagi. Masih banyak individu dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa berprestasi. Namun Fikom tidaklah cepat puas. Semoga fikom Undap dapat menjadi salah satu sumber cahaya hidayah bagi fakultasm perguruan tinggi dan masyarakat di sekelilingnya.

About fikomunpad

Proud to be Public Relations
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s